iPhone 6s : Bentuk Upgrade iPhone 6

iphone-6s-putih

iPhone 6s merupakan gadget keluaran Apple pada tahun 2015 lalu yang merupakan bentuk upgrade dari iPhone 6. Dengan tagline “the only thing that’s changed is everything”, desain mode ini terlihat sangat mirip dan identik dengan model sebelumnya di tahun 2014.

Baca ulasan mengenai iPhone 6s ini untuk mengetahui lebih lanjut hal apa saja yang perlu diketahui dari model ini.

Sekilas Mengenai iPhone 6s

tampilan belakang iphone 6s

iPhone 6s diperkenalkan sebagai “smartphone paling canggih” di sebuah event Apple yang diselenggarakan di San Francisco pada 9 September 2015 lalu. Tersedia dalam warna emas, perak, abu-abu, dan rose gold, iPhone 6s dikemas dengan fitur terbaru yang utama yaitu 3D Touch.

Perbedaan iPhone 6s dengan iPhone 6

Secara desain fisik tampilan iPhone 6s terlihat sama dengan iPhone 6, hanya saja ukurannya yang sedikit berbeda. iPhone 6s memiliki ukuran 138.3 X 67.1 X 7.1mm dan berat 143 gram. Bila dilihat dari segi tampilan, iPhone 6s terlihat lebih mengecewakan dikarenakan pertambahan 2mm lebih tebal dan 14 gram lebih berat daripada iPhone 6.

Salah satu upgrade iPhone 6s adalah material aluminium dari seri 6300 ke seri 7000 yang menjadikan perangkat ini hampir tiga kali lebih kuat. Hal ini merupakan perubahan yang baik mengingat skandal “bendgate” pada iPhone 6 yang dimana perangkat tersebut sangat rentan akan bengkok.

Pada layar, tidak ada banyak perubahan dari iPhone 6 dengan 4.7 inci. Namun, ada fitur tambahan 3D Touch yang terdapat pada iPhone 6s. Tambahan fitur 3D ini lah yang menjadikan iPhone 6s lebih berat daripada iPhone 6. 3D Touch ini bekerja sebagai opsi shortcut dengan cara mendeteksi tekanan pada layarnya, seperti layaknya menekan tombol kanan pada desktop.

Peningkatan performa dari iPhone 6 ke iPhone 6s adalah sebesar 70% untuk performa CPU dan 90% untuk performa GPU menjadikan perangkat ini lebih cepat untuk digunakan. Selain itu, peningkatan kecepatan juga terdapat pada Touch ID pembaca sidik jari yang bekerja dua kali lipat lebih cepat daripada iPhone 6.

Kamera yang terdapat pada iPhone 6s juga mengalami peningkatan daripada iPhone 6. Kamera belakang mengalami peningkatan dari 8 megapixel menjadi 12 megapixel, dan untuk kamera depan adalah 5 megapixel dibandingkan kamera 1,2 megapixel milik iPhone 6. Kamera depan iPhone 6s juga dilengkapi dengan fitur baru yaitu dengan penambahan flash pada kamera depannya. Selain itu, kamera iPhone 6s juga meningkatkan kualitas video menjadi 4K.

Pro dan Kontra Seputar iPhone 6s

Pro

Kontra

  • Penambahan fitur 3D Touch
  • Stabilitas OS
  • Peningkatan Kamera
  • Performa kinerja yang sangat cepat
  • Daya tahan baterai kecil
  • Harga mahal untuk layar low-res

Kesimpulan

iPhone 6s adalah gadget yang bagus, tetapi sebagai bentuk upgrade dari iPhone 6 yang fenomenal merupakan suatu kekecewaan. Dengan peningkatan beberapa poin kualitas dan harga jual lebih mahal $100 daripada iPhone 6, meng-upgrade iPhone 6 ke iPhone 6s menjadi sulit untuk dipertimbangkan dikarenakan hal-hal berikut:

  • Daya tahan baterai mengalami penurunan 5% dari 1810mAh menjadi 1715mAh dikarenakan penambahan fitur 3D Touch yang menyebabkan keterbatasan ruang untuk kapasitas baterai.
  • Fitur 3D Touch baru bisa diakses untuk aplikasi tertentu bawaan Apple saja, dan belum mendukung untuk aplikasi pihak ketiga selain WhatsApp atau Twitter.
  • Kapasitas penyimpanan memori 16GB sangat tidak memungkinkan dengan upgrade kamera yang dimiliki iPhone 6s.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *