Review Mendalam Smartphone Gaul Samsung Galaxy On7

samsung-galaxy-on7-keren

Samsung merilis jajaran baru untuk generasi Galaxy On, Samsung Galaxy On7, di India pada Oktober 2015 lalu. Gadget ini dilengkapi dengan tampilan layar 5.5 inci yang besar dan memungkinkan penggunaan dual SIM yang mendukung sinyal 4G dengan harga yang hanya berkisar 11,000 Rupee atau 2 juta Rupiah. Seperti apakah generasi Samsung Galaxy On7 ini, berikut ulasannya.

  • Desain Samsung Galaxy On7

Galaxy On7 dikemas dalam ukuran dimensi keseluruhan 151.8×77.5×8.2mm dan berat 172 gram. Layar 5.5 inci yang besar ini memiliki resolusi 720×1280 pixel dengan kerapatan pixel 267 PPI (Pixel Per Inci). Tampilan layar On7 cukup terang, memiliki sudut pandang yang baik, output warna cerah, dan penampakan sinar matahari yang juga baik. Gadget ini hadir dalam tiga pilihan warna diantaranya adalah hitam, putih, dan emas.

Desain Galaxy On7

Pada tampilan On7, terlihat pada cover belakang tampilan yang seperti kulit halus, dan pada sisinya tampak hasil chrome. Seperti kebanyakan gadget Samsung Galaxy, tombol power terletak di samping kanan, sedangkan di sebelah kirinya terdapat pengatur suara. Jack audio 3.5mm dan mikrofon utama terletak pada bagian bawah, dan speaker terletak pada bagian belakang ponsel berdekatan dengan kamera dan flash.

  • Kualitas Kamera

Kamera yang dimiliki On7 adalah 13 megapixel pada kamera belakang dan 5 megapixel pada kamera depan. Kamera 13 megapixel dengan auto fokus On7 yang terletak di bagian belakang ini memiliki bukaan f/2.1 dan LED flash tunggal. Sedangkan, kamera 5 megapixel yang terletak di depan memiliki bukaan f/2.2 dengan wide-selfie yang mampu menangkap 120 derajat panorama lebar agar bisa menampung lebih banyak orang dalam gambar. Akan tetapi, gambar yang tertangkap dengan kamera depan On7 ini hasilnya akan tidak jernih jika dalam cahaya yang buruk dan tidak memiliki banyak detail.

Pada kamera belakang, kualitas gambar yang dihasilkan secara keseluruhan cukup bagus sehubungan dengan bukaan f/2.1. Hasil gambar yang ditangkap dengan pencahayaan rendah akan didapat sedikit kurang jernih, tetapi hasil tetap cukup baik. Selain itu, kamera belakang Galaxy On7 ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan fokus, tetapi secara keseluruhan kamera 13 megapixel bagian belakang On7 ini cukup memuaskan.

  • Performa dan Baterai

Dari segi performa, smartphone ini memiliki quad-core Snapdragon 410 (MSM8916) dengan 1.5GB RAM yang cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi di saat bersamaan. Akan tetapi, dengan TouchWiz UI yang membutuhkan RAM cukup besar, akan lebih baik apabila On7 memiliki 2GB RAM. Namun, secara keseluruhan performaOn7 ini cukup baik dengan tanpa mengalami hambatan.

Untuk daya tahan baterai, Galaxy On7 dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 3000mAh yang dapat bertahan cukup lama dengan penggunaan berat seperti 4G LTE pada kedua kartu SIM. Pada uji coba satu kali pengisian baterai, didapatkan rasio ketahanan baterai selama 12 jam dan 42 menit. Ketahanan ini termasuk cukup baik dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya. Selain itu juga, dengan adanya fitur ‘power saving mode’ dan ‘ultra saving mode’, memungkinkan pengguna ponsel untuk dapat memperpanjang daya tahan baterai.

Kesimpulan

Samsung Galaxy On7 adalah smartphone kelas menengah yang cukup baik dan dengan harga yang terjangkau. Tampilan layarnya baik, kamera dan daya tahan baterainya juga dinilai cukup baik. Namun, sedikit kekurangannya adalah tidak adanya sensor cahaya sekitar, dan kapasitas memori internal yang bisa digunakan hanya sebesar 4.4GB dari total 8 GB. Sebagai penutup, Galaxy On7 adalah smartphone kelas menengah yang direkomendasikan dengan rating 4 bintang.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *